Dari Cerita Sampai Jalan-Jalan Ke Jepang Part.1

12/05/2017 09:37:00 PM 1 Comments A+ a-


Gambar anak-anak jepang di stasiun

Untuk pertama kali lagi gua akhirnya bisa login lagi ke blog ini. Salam hangat buat orang-orang yang udah nyasar ke blog gua, juga untuk mereka yang sengaja berkunjung, arigatou gozaimasu! Sekarang gua disini mao cerita tentang pengalaman gua menginjakkan kaki gua di negara yang gua idam-idamkan selama hidup gua, Jepang. Lebih tepatnya persiapan sebelum ke sana.
Dimulai dari obrolan receh bersama kawan gua yang bernama Bian aka Agasinkron (visit at your own risk), munculah ide yang menuntun kita untuk jalan-jalan ke jepang (obrolan anak gang yang mencoba memasuki dunia elit). Tapi tetep kita hanya sebatas mahasiswa yang masih menumpang hidup dengan orang tua. dan jalan-jalan ke luar negeri terutama jepang itu biayanya gak murah. gua juga gak berani minta ke mamak gua "mak minta duit 15 juta buat ke Jepang, mao nonton turnamen gundu internasional di sana". Jadi gimana gua bisa berangkat ke Jepang?

Dengan kemampuan Google gua cari-cari info sana-sini, yang pertama gua cari itu biaya penerbangannya. Dari berbagai maskapai penerbangan yang mewah, gua memutuskan untuk membeli jasa penerbangan yang paling murah yaitu airasia. Gua beli waktu itu Agustus 2015 untuk keberangkatan Oktober 2016, beruntung gua dapet yang lagi promo pulang-pergi diharga 2,8juta. Langsung lah gua kabarin kawan ternama gua ini si Bian, "yan airasia ada promo pulper jepang nih, dibawah 3juta, gas gak?" selang waktu beberapa menit beliau membalas dengan polosnya "yaaaah, gua baru beli hape bray, bisa nyelup aer lagi" buru buru gua unfriend dia dari facebook. 

Gua sempet bimbang, apa iya gua maksain jalan-jalan sendirian ke negeri orang, sedangkan gua kalo di kampus misal mao ke toilet aja gua nyari barengan dulu. Tapi namanya udah kepingin bet ke sana, yaa gua paksain aja mao sendirian juga. Keberangkatan gua itu tanggal 11 Oktober dari soetta-klia2-kansai, pulangnya tanggal 20 Oktober dari kansai-klia2-soetta, karena promonya pulang pergi jadi gua gak bisa nentuin kepulangan gua dari mana. Abis beli tiket, gua ngajakin temen gua iseng-iseng kali aja ada yang mao bareng juga. Di kampus, gua kasih tau Dimas (temen kampus gua, orangnya masih idup sekarang) skip... skip... akhirnya dia beli tiket juga tuh ama abangnya. Tapi yang bikin gua histeris ternyata dia ke sana dengan tanggal yang berbeda. Gak pake pikirin dosa langsung gua caci tuh anak, ehh taunya dia cuman ikutin abangnya aja yang jalan bareng dia juga, katanya abangnya bisa cuti kisaran tanggal segitu doang. Gua langsung minta maap.

Emang Tuhan nulis cerita gua buat jalan sendirian yaa udah gua lanjut cari info tentang VISA dan gua denger-denger Jepang ada yang namanya 'Bebas VISA'. tapi jangan salah kira bebas visa itu cuman bisa buat pengguna e-paspor. Buat yang paspornya masih biasa, bisa di urus di imigrasi buat ganti ke e-paspor, bisa di liat sendiri infonya yang lebih lengkap di sini. Seenggaknya gua ngurus Paspor sama Visa nya bisa bareng si dimas ini jadi yaa bisa berjuang bersama. 

Setelah surat menyurat lengkap, sekarang gua buat itinerary (yang ujung-ujungnya gak berguna buat gua) gua sengaja mendarat di Osaka soalnya gua mao ke Kyoto, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungin di sana, buat elu pada yang pengen ke Jepang gua saranin banget ke Kyoto, buat yang udah pernah ke Jepang tapi gak ke Kyoto kalian telah gagal sebagai manusia. Karena trayek gua dari Osaka-Kyoto-Tokyo-Osaka dengan waktu 9 hari, gua memutuskan membeli JR Pass di Indonesia. buat infonya lebih lanjut bisa di liat di sini. Sebelum mutusin beli JR Pass kalian pikir-pikir sendiri dulu kalian mao kemana aja, dan mao hemat waktu ato mao santai. Sebenernya dari Kyoto-Tokyo  itu bisa naek bis malem, keuntungannya bisa hemat biaya hotel dan jauh lebih murah dibanding shinkansen. kelemahannya yaa butuh waktu semaleman perjalanannya.

JR Pass

Rincian
- Tiket pulang pergi tanpa bagasi (2,8 juta)
- E-Paspor (550 ribu)
- Visa (gratis)
- JR Pass Ordinary 7 hari (3,5 juta)
Total sebelum berangkat : (7,3 juta) mahal emang, gua juga bingung gua dapet duit darimana.


Kayanya segitu aja dulu cerita kali ini. Semoga info yang gua kasih bisa berguna buat kalian.

NB : Penulis masih bukan tyo!


1 komentar:

Write komentar